Jenis-Jenis Noda Hitam Pada Wajah Dan Cara Mengatasinya

Hi Readers,

Pasti kamu pernah kesel kan karena ada noda hitam di wajah kamu yang susah hilang? Itu tandanya cara yang kamu gunakan untuk menghilangkan noda hitam tersebut belum tepat sesuai dengan jenisnya. Yuk, simak lebih lanjut jenis-jenis noda hitam yang bisa timbul pada wajah.

Photo by freestocks.org from Pexels

Kalau kamu sudah tahu jenis-jenisnya, selanjutnya kita akan bahas mengenai cara menghilangkannya sesuai dengan jenis-jenisnya tersebut. Jadi on target gitu loh. Mungkin selama ini kamu mikirnya "Ah, nggak bagus nih brand x nggak ada gunanya, noda hitamku nggak hilang juga". Ayo ngaku.. Bisa jadi, bukan brand itu tuh yang nggak bagus, tapi memang nggak kena targetnya hihihi..

Banyak penyebab yang bisa menimbulkan noda hitam (dark spots) pada wajah, antara lain:

  1. Sinar Matahari
  2. Perubahan Hormon 
  3. Bekas Jerawat

1. NODA HITAM KARENA SINAR MATAHARI

Noda hitam karena sinar matahari biasanya muncul di area wajah yang lebih tinggi, yang lebih rentan terpapar sinar matahari langsung, seperti pada area hidung, dahi, dan tulang pipi. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan secara rutin menggunakan tabir surya (sun screen) yang mengandung UVA protection, dan sebisa mungkin hindari wajah dari terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama. 

Untuk menghilangkan noda hitam karena sinar matahari, bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan bahan alami ataupun dengan bahan non alami. Untuk cara alaminya, bisa dilakukan dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah yang ada noda hitamnya setiap malam sebelum tidur. Cara lain adalah dengan mengoleskan krim malam yang mengandung hydroquinone


2. NODA HITAM KARENA PERUBAHAN HORMON  

Jarang sih ada manusia yang mengalami perubahan hormon secara tiba-tiba, kecuali kalau memang orang tersebut mengkonsumsi pil-pil yang bisa merubah hormon, misalnya pil KB. Perubahan hormon tersebut memang dapat membuat kulit menjadi lebih gelap, persis seperti yang dialami oleh wanita yang sedang hamil. Hal ini dapat menyebabkan noda hitam pada kulit yang sebelumnya sudah ada, akan menjadi berwarna semakin gelap bahkan akan muncul noda-noda baru. Kondisi ini dinamakan "melasma".

Untuk itu, ada baiknya sebelum kamu memutuskan untuk mengkonsumsi pil KB, tanyakan dulu kepada dokternya apakah pil KB tersebut akan berpengaruh pada kulit (menimbulkan melasma). Kalaupun iya, pasti ada cara untuk mencegah melasma itu muncul.

Nah, dari ketiga jenis noda hitam di atas, melasma inilah jenis yang paling susah untuk dihilangkan karena nggak akan bisa hilang hanya dengan cara alami maupun dengan mengoleskan krim-krim wajah. Cara yang bisa dilakukan biasanya adalah dengan tindakan laser di klinik klinik kecantikan. Coba deh konsultasi dengan dokter di klinik kecantikan, ada metode lain juga selain laser kok.


3. NODA HITAM BEKAS JERAWAT

Nah dari ketiga jenis noda hitam pada wajah, jenis inilah yang paling mudah untuk dihilangkan. Dengan perawatan wajah biasa, biasanya noda hitam bekas jerawat akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 3-4 minggu.

Tapi yang namanya perempuan, semuanya mau yang instan ya kan. Nah berikut ini resep pribadiku, yang sudah aku buktikan, dan ini adalah tips favoritku untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Dijamin deh, ini adalah metode yang paling cepat hehehe.
Bahan:
  • 1 sdm Teh Hijau (aku selalu pakai brand Kepala Djenggot Green Tea).
  • 1/4 buah Lemon, peras airnya
  • Air mendidih 1 gelas 
  • Cetakan es batu
Rebus air sebanyak 1 gelas, lalu setelah mendidih langsung seduh teh hijaunya, biarkan dingin. Setelah dingin saring tehnya, lalu campurkan air teh dengan air lemon, dan masukkan pada cetakan es batu. Setiap pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah, ambil es batunya lalu letakkan pada bagian wajah yang ada noda hitamnya sambil ditekan, sampai kulit kamu terasa kebas cenut-cenut karena kedinginan. Nah setelah itu baru deh gunakan moisturizer favorit kamu. Kalau bisa sih gunakan moisturizer yang mengandung effect pencerah (yang khusus untuk noda hitam juga ada).

Dari pengalamanku selama bertahun-tahun menggunakan resep di atas, biasanya hanya dalam waktu 2-3 hari, itu noda hitam langsung terkelupas deh. Nggak percaya? Coba aja sendiri deh hehehe..

Baca Juga: Perawatan Untuk Rambut Kasar dan Kaku

Sekian deh penjelasan jenis-jenis noda hitam pada wajah dan bagaimana cara mengilangkan / mengatasinya. Yang terpenting adalah kita harus menggunakan tabir surya setiap hari sebelum beraktifitas, karena mencegah lebih baik daripada mengobati loh. Ingat ya, tabir surya (sunscreen) itu berbeda dengan pelembab (moisturizer). Sunscreen dipakai setelah menggunakan moisturizer. Kalau noda hitamnya sudah terlanjur muncul, ya mau bilang apalagi, kamu bisa coba cara-cara di atas ya.

Kasih komen di bawah ya gimana progress-nya di kamu (terutama progress si RESEP ES BATU GREENTEA LEMON dari aku). Semoga artikel ini bermanfaat.


Find Me On:




Comments