Asam Folat, Menyembuhkan Sariawan Sangat Cepat

Semua orang tentunya pernah sariawan. Bisa jadi karena panas dalam, bisa juga karena adanya luka pada mulut yang biasanya terjadi karena tergigit ataupun tergesek besi dari behel (kawat gigi). Sariawan biasanya berbentuk bundar dan oval dan sering muncul pada pipi bagian dalam, bibir, maupun lidah. Warnanya putih atau merah.



Pada umunya, sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu, tanpa perlu perawatan khusus ataupun pergi berobat ke dokter. Tergantung dari ukuran dan kedalaman sariawannya juga sih, karena untuk sariawan yang terjadi karena gigitan, biasanya lukanya lebih dalam sehingga waktu untuk sembuhnya juga lebih lama daripada sariawan yang terjadi secara alami.

Namun apa yang harus dilakukan apabila sariawan tidak kunjung sembuh dalam sampai 3 minggu lebih? Well, harus diwaspadai karena bisa saja itu pertanda adanya infeksi atau penyakit lain pada tubuh seperti kanker ataupun AIDS.

Berikut tanda-tanda sariawan yang tidak lazim dan kamu harus segera pergi ke dokter:
1. Sariawan sudah 3 minggu lebih tidak kunjung sembuh.
2. Sariawan sangat merah dan berdenyut sakit (infeksi).
3. Sariawan selalu muncul dan sangat sering.


PENGALAMAN PRIBADI: SARIAWAN SEMBUH HANYA DALAM 3 HARI


Postingan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saya. Jadi waktu itu bibir bawah saya bagian dalam tergigit oleh gigi taring atas dan bawah. Lalu saya biarkan saja karena biasanya akan sembuh sendiri. Namun dua hari kemudian, sariawan yang belum sembuh ini tergigit lagi. Bisa dibayangkan bagaimana sakitnya sariawan yang sudah ada malah tergigit lagi? Akhirnya saya olesi dengan krim sariawan "BONJELA". Satu minggu berlalu, sariawan tidak kunjung sembuh dan masih saya biarkan saja. Minggu kedua saya mulai perbanyak minum air putih dan mengurangi makanan yang panas-panas dan pedas-pedas dengan harapan sariawan lekas sembuh. Namun sampai akhir minggu kedua, sariawan tidak sembuh juga, malah warnanya semakin merah dan meradang.

Saya mulai ketakutan sejak membaca artikel-artikel yang mengatakan apabila sariawan tidak kunjung sembuh sampai 3 minggu lebih, bisa jadi gejala lain. Apakah ini gejala kanker mulut? Sumpah saya khawatir sekali waktu itu, tapi setelah mengingat bahwa sariawannya akibat tergigit, saya agak lega sedikit. Hihihi, lucu kalau diingat-ingat.

Akhirnya saya googling sendiri apakah penyebab luka yang tak kunjung sembuh. Ternyata ada kaitannya dengan daya tahan tubuh. Dan pada waktu itu memang saya sangat benar-benar sibuk sekali, kerja sampai larut malam bahkan terkadang tidak tidur, demi menyelesaikan orderan client yang sudah mau dekat deadline-nya. Ditambah lagi sambil kerja itu saya kerap kali makan cemilan biskuit-biskuit yang bahan utamanya mentega, tepung, gula, coklat, sementara asupan air putih nggak saya tambah.

Jadi bisa saya simpulkan, sariawan tidak kunjung sembuh karena:
1. Terlalu capek / kurang istirahat
2. Tingkat stress tinggi
3. Panas dalam
4. Pasta gigi yang saya pakai sangat kuat perasa menthol-nya, jadi memperparah sariawan.

Lalu saya bertanya pada kenalan saya seorang dokter di luar negeri, beliau menyarankan untuk mengkonsumsi asam folat. Awalnya saya pikir itu aneh, karena selama ini yang saya tahu asam folat biasanya hanya dikonsumsi oleh ibu hamil ataupun untuk program kehamilan. Tanpa pikir panjang, langsung saya beli vitamin asam folat dari brand "FOLAVIT" 400 micro gram. Murah kok, satu papan isi 10 tablet cuma Rp 18.000,-.

Folavit 400 micro gram

Saya minum satu tablet sebelum tidur malam plus air putih yang banyak, dan luar biasa besok paginya sariawan yang tadinya sangat merah meradang langsung berwarna pucat. Hari kedua, sariawan mengecil dan tidak sakit lagi. Hari ketiga: SARIAWAN HILANG. Saya benar-benar senang luar biasa, rasanya takjub. Akhirnya saya googling lagi deh, dan ternyata memang benar, asam folat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Jadi berikut saya rangkum, yang harus dilakukan untuk menyembuhkan sariawan dengan sangat cepat:

  1. Istirahat yang cukup. 
  2. Hindari stress.
  3. Perbanyak minum air putih.
  4. Hindari makanan pedas dan panas.
  5. Sikat gigi dengan pasta gigi tanpa perasa (pasta gigi bayi juga boleh).
  6. Konsumsi Folic Acid (vitamin B9) 400 micro gram selama sariawan. Lebih baik lagi perbanyak konsumi zinc dan vitamin B12 (bisa didapat dari suplemen harian, banyak brand Vitamin C yang biasanya sudah mengandung vitamin lainnya secara lengkap, baca saja bagian ingredients-nya). 

Saya jamin dalam hitungan hari sariawan akan langsung hilang, karena saya sudah buktikan sendiri. Jadi, ketakutan akan kanker itu hanya akibat googling sendiri tanpa panduan. Ibarat "mengaji/mengkaji ilmu tanpa guru, jadinya sesat" hehehe.. Tapi buat kamu yang sudah mencoba minum asam folat namun sariawan tidak kunjung sembuh juga, atau malah muncul sariawan baru, terasa sangat sakit, segeralah periksakan diri ke dokter. Ingat, apapun itu, semakin dini terdeteksi, semakin tinggi persentase kesembuhan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Silahkan di-share, terima kasih.


Find Me On:

Comments

  1. Nice info kak, biasanya cuma minum UC1000

    ReplyDelete
  2. Aku sering sekali sariawan, bagus nih informasinya untuk yang sering mengalami sariawan.

    ReplyDelete
  3. Wah aku baru tau loh kak .. Terimakasih tips nya ,semoga sama aku cocok juga nih

    ReplyDelete
  4. Wahh baru tau ini kak infonya makasih kak semoga sariawan bandel bisa cepat sembuh

    ReplyDelete
  5. Wahhh keren kak makasih infonyaa yaa kakk

    ReplyDelete
  6. Yahh komenku ilang ekwk. Komen lagi lah. Baru tau asam folat untuk sariawan �� biasanya utkutk makbun ya kak wkwk

    ReplyDelete
  7. Nah, iya nih.. Aku suka sepele sama sariawan. Jd suka dibiarin gitu ajah. Ternyata bisa juga yah.. Pakai itu. Thx infonya kak..

    ReplyDelete
  8. Lah.. Aku kira cuma bagus utk bumil dan anak. Byk manfaatnya ya..

    ReplyDelete
  9. Wah kirain asam folat cuma bisa buat ibu hamil doang.

    ReplyDelete
  10. zuzur, kirain cuma khusus konsumsi ibu hamil aja loh ini asam folat kak. terima kasih ilmunya senpai

    ReplyDelete
  11. Nesya justru heran kenapa nesya gapernah sama sekali sariawan. Pdhal daya tahan tubuh mudah capek, apa krna golongan darah O katanya strong gitu ya kak hehe.

    ReplyDelete
  12. baru tau aku kalo asam folat bisa buat sariawan, pas hamil kemaren sering aku konsumsi

    ReplyDelete

Post a Comment